iklan banner

Kumpulan Soal UTUL UGM 2009 - 2019

Nama Universitas Gadjah Mada (UGM) pasti sudah sangat dikenal oleh calon mahasiswa baru. UGM selalu menjadi favorit pada proses seleksi penerimaan mahasiswa baru. Tentunya dengan menjadi salah satu kampus favorit, UGM selalu diserbu banyak pendaftar. Selain melalui SBMPTN, UGM juga membuka jalur mandiri yang dinamakan Ujian Masuk (UM) UGM. Jalur UM UGM secara umum memiliki 2 jalur yaitu jalur ujian tulis (UTUL) dan jalur prestasi.

soal UTUL UGM, soal utul ugm 2019, soal utul ugm 2020


Calon mahasiswa baru jenjang sarjana dan diploma, dapat mengikuti seleksi jalur UTUL UGM untuk masuk menjadi mahasiswa UGM. Mulai tahun 2019 yang lalu, jalur seleksi UTUL UGM menggunakan kombinasi hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan nilai hasil UTUL. Sampai artikel ini diterbitkan, untuk UTUL UGM 2020 belum memberikan petunjuk teknisnya apakah masih menggunakan kombinasi nilai UTBK atau tidak.

Kelompok ujian UTUL UGM terbagi menjadi 3 (tiga) jenis, yaitu:

  1. Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek)
  2. Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum)
  3. Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum)


Masing-masing calom mahasiswa baru dapat memilih salah satu kelompok ujian tersebut. Sedangkan materi tes tulis pada UTUL UGM terdiri dari:

  1. Tes Potensi Akademik (TPA)
  2. Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU) dengan materi Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris
  3. Tes Kemampuan Dasar (TKD) Saintek dengan materi Matematika IPA, Fisika, Kimia, dan Biologi
  4. Tes Kemampuan Dasar (TKD) Soshum dengan materi Ekonomi, Sejarah, Geografi, dan Sosiologi


Pilihan kelompok ujian saat mendaftar, menentukan materi tesnya. Setiap pendaftar, baik Kelompok Saintek maupun Kelompok Soshum, akan mendapatkan materi tes TPA dan TKDU. Sedangkan materi tes TKD bergantung pada kelompok ujian yang dipilih, jika saintek akan mendapat TKD Saintek, jika soshum akan mendapat TKD Soshum, dan jika campuran, maka akan mendapat TKD Saintek dan TKD Soshum.

Tim lakonfisika.net akan membagikan beberapa contoh materi tes tulis UTUL UGM yang bisa digunakan bahan latihan teman-teman yang berminat mengikuti UTUL UGM. Berikut ini soal-soalnya:


Soal UTUL UGM 2019




Soal UTUL UGM 2018




Soal UTUL UGM 2017




Soal UTUL UGM 2016




Soal UTUL UGM 2015




Soal UTUL UGM 2014




Soal UTUL UGM 2013




Soal UTUL UGM 2010




Soal UTUL UGM 2009




0 Response to "Kumpulan Soal UTUL UGM 2009 - 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel