iklan banner

Soal HOTS Gerak Lurus Fisika SMA – Persiapan SBMPTN dan UN


Gerak lurus dalam materi pelajaran Fisika SMA terdiri dari beberapa subtopik, yaitu gerak lurus beraturan (GLB), gerak lurus berubah beraturan (GLBB), dan gerak vertikal. GLB memiliki karakteristik gerak dengan kecepatan konstan, artinya tidak ada percepatan selama proses benda bergerak. GLBB memiliki karakteristik bahwa selama proses bergerak, benda mengalami perubahan kecepatan yang konstan, jika semakin cepat disebut percepatan (a bernilai positif) dan jika semakin lambat disebut perlambatan (a bernilai negatif). Subtopik selanjutnya adalah gerak vertikal yang memilik karakteristik arah gerak sejajar sumbu vertikal atau juga bisa disebut sumbu y (arah ke atas dan ke bawah). Gerak vertikal sebenarnya memiliki prinsip kerja yang sama dengan GLBB, tetapi dengan kondisi khusus karena nilai percepatan (a) adalah sama dengan percepatan gravitasi (g) dengan arah selalu menuju pusat bumi (ke bawah). Gerak vertikal sendiri nanti berkembang menjadi 3 jenis istilah dalam Fisika SMA, yaitu ada gerak jatuh bebas, gerak vertikal ke atas, dan gerak vertikal ke bawah. 

Nah, sebenarnya sederhana, simpel saja, bahwa secara umum hanya ada dua jenis gerak lurus yaitu GLB dan GLBB. Penjelasan yang terpotong-potong dari masing-masing jenis gerak tadi yang membuat Fisika pada topik gerak lurus tampak membingungkan dan terkesan banyak sekali rumus. Tim lakonfisika.net menyampaikan bahwa pandangan tersebut salah besar. Gerak lurus sangat simpel dan sedikit rumus, dengan syarat kita harus memahami dengan benar konsep geraknya. Apalagi teman-teman siswa akan dihadapkan pada soal High Order Thinking Skill (HOTS) dalam ujian nasional maupun seleksi masuk perguruan tinggi (SBMPTN). Sesegera mungkin teman-teman harus mulai meninggalkan RUMUS CEPAT atau TRIK KILAT atau istilah lainnya karena trik tersebut hanya berlaku untuk jenis soal tertentu saja. Soal-soal HOTS jelas tidak akan bisa dikerjakan dengan mengandalkan RUMUS CEPAT. Salah satu karakteristik soal HOTS adalah tidak terprediksi dan luas pengembangannya. Beberapa contoh soal akan disajikan dalam artikel ini beserta video pembahasan dan penjelasan konseptual yang mendasar, sehingga teman-teman tetap siap jika bertemu soal modifikasi. Sebelum masuk ke soal HOTS, teman-teman bisa mengerjakan soal pemanasan terlebih dahulu. Mengerjakan soal ini, berarti teman-teman sudah memulai perjuangan untuk lolos UN dan tembus SBMPTN.


Soal Pemanasan sebelum HOTS

1. Dari keadaan diam, seekor badak bergerak lurus sejauh 50 m dalam waktu 10 s. Selama bergerak, percepatannya konstan, dan kecepatan akhir yang dicapai adalah 8 m/s. Apakah mungkin/masuk akal ilustrasi gerak badak tersebut? Jelaskan tentang jawabanmu? 

2. Sebuah bola dilempar lurus ke bawah dengan kecepatan awal 7 m/s dari tempat yang ketinggiannya 34 m. Berapa lama waktu bola tepat menyentuh tanah?

3. Sebuah batu dilempar vertikal ke atas dengan kecepatan 10 m/s dari tepi tebih setinggi 75 m.



a. Berapa lama waktu yang dibutuhkan batu untuk sampai di dasar tebing?
b. Berapakah kecepatannya sesaat sebelum menyentuh dasar?
c. Berapakah total jarak yang ditempuh batu?

Soal HOTS Gerak Lurus (GLB, GLBB, dan Gerak Vertikal)

1. Kelinci dan kura-kura sedang melakukan balapan pada lintasan lurus sepanjang 1 km. Kura-kura merayap dengan kecepatan konstan 0,2 m/s untuk menuju garis finis. Sedangkan kelinci berlari kencang dengan kecepatan konstan 8 m/s menuju garis finis dan setelah berlari sejauh 0,8 km, dia berhenti untuk mengejek kura-kura yang sangat lambat. Kelinci menunggu beberapa waktu untuk membiarkan kura-kura menyalip dirinya. Setelah beberapa waktu, kelinci berlari kembali menuju garis finis dengan kecepatan konstan 8 m/s. Pada akhirnya kura-kura dan kelinci mencapai garis finis secara bersamaan.
a. Berapa jarak kura-kura dengan garis finis, saat kelinci mulai berlari lagi?
b. Berapa lama kelinci berhenti sebelum berlari kembali?

2. Sebuah elevator bergerak turun dalam sebuah gedung yang tinggi dengan kecepatan konstan 5 m/s. Tepat 6 s setelah bagian atap lift melewati sebuah baut longgar yang menempel di dinding lorong lift, baut tersebut jatuh dari keadaan diam. Jika ternyata setelah jatuh, baut menabrak bagian atas lift tepat ketika lift sampai di lantai dasar, maka baut tersebut kira-kira jatuh dari lantai... (Asumsikan setiap lantai memiliki ketinggian 3 m)

3. Seorang pengendara sepeda motor berkendara di sepanjang jalan lurus dengan kecepatan 15 m/s dan akan melewati sebuah perempatan. Pengendara tersebut melihat taffic light sudah menyala kuning, tetapi dia tidak mengurangi kecepatannya. Akhirnya saat lampu menyala merah, dia menerjang melintasi perempatan. Tepat setelah melewati pos polisi yang berada di pojok perempatan, polisi yang sudah memarkir motor di depan pos mulai mengejarnya dengan percepatan 2 m/s2. Akhirnya pengendara dapat dikejar polisi tepat sebelum perempatan berikutnya. Jarak kedua perempatan tersebut adalah...

4. Kereta komuter sedang berangkat dari stasiun A ke stasiun B. Karena jarak antara dua tersebut hanya 1 km, kereta tersebut tidak pernah mencapai kecepatan maksimum. Karena kereta berjalan pada saat jam sibuk orang berangkat bekerja, masinis kereta mencoba memperpendek waktu tempuh dua stasiun dalam selang waktu t dengan cara mempercepat laju kereta sebesar a1 = 0,1 m/s2 selama selang waktu t1 dan sesegera mengerem dengan perlambatan a2 = 0,5 m/s2 selama selang waktu t2. Waktu tempuh minimum kereta berjalan dari stasiun A ke stasiun B adalah...

5. Pada musim kemarau, seorang petani ingin mengairi sawah dengan memompa air dari dalam sumur. Sebelumnya, petani harus mengetahui kedalaman air dalam sumur untuk memperkirakan panjang selang mesin disel yang akan dimasukkan sumur. Petani tersebut menjatuhkan sebuah batu tepat dari mulut lubang sumur. Setelah 2 s batu dijatuhkan, petani mendengar suara percikan air dari dalam sumur. Jika kecepatan rambat gelombang bunyi adalah 340 m/s, maka panjang minimum selang yang dimasukkan sumur oleh petani adalah... 

Setelah mengerjakan soal-soal di atas, silakan teman-teman bisa melihat pembahasan video di bawah ini yaa. File pdf pembahasan bisa didapatkan di dalam deskripsi masing-masing video.

Video Pembahasan Soal HOTS Fisika materi GLB, GLBB, dan Gerak Vertikal


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel