iklan banner

10 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia Menurut Kemenristekdikti

Universitas Swasta Terbaik di Indonesia Masih banyak yang berpandangan bahwa universitas swasta memiliki kualitas di bawah universitas negeri, eh ternyata faktanya tidak seperti itu. Menurut ranking universitas terbaik di Indonesia menurut Kemenristekdikti, ternyata Universitas swasta memiliki peringkat yang bersaing dengan universitas negeri. Ada 10 universitas swasta yang ternyata masuk peringkat 50 besar universitas seluruh Indonesia berdasarkan standar penilaian dari Kemenristeksikti yang dirilis tahun 2018. Artinya, pandangan bahwa universitas swasta memiliki kualitas di bawah universitas negeri ternyata hanya mitos belaka. Nah, beberapa universitas swasta terbaik itu dapat menjadi referensi teman-teman untuk melanjutkan studi ke tingkat perguruan tinggi.

Berikut ini informasi tentang 10 besar peringkat universitas swasta terbaik di Indonesia menurut Kementerian Ristekdikti yang dirilis tahun 2018. 

(Note: kalau pengin info lebih detail bisa langsung ke website masing-masing kampus, terutama Program Studi apa saja yang ada dalam masing-masing Fakultas dan Jadwal Pendaftarannya)

1. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta (UII)

UII Yogyakarta merupakan perguruan tinggi nasional pertama di Indonesia. Kampus yang berada di kota Yogyakarta ini tentunya menjadi universitas swasta terbaik di Yogyakarta dengan peringkat 29 nasional universitas terbaik di Indonesia versi Kemenristekdikti. Sampai saat ini, UII sudah memiliki 8 fakultas, dengan 4 program Diploma III (DIII), 24 program sarjana (S1), 5 program profesi, 10 program magister, dan 3 program doktor. UII juga telah mendapat akreditasi institusi A dari BAN-PT. Ini membuktikan bahwa UII merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia.
Cek Program Pendidikan di website resmi: https://www.uii.ac.id/program-pendidikan/
Cek Info Pendaftaran: https://pmb.uii.ac.id/polaseleksi/

2. Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta

Unika Atma Jaya Jakarta merupakan perguruan tinggi katolik terbaik di Indonesia. Kampus yang berada di Jakarta ini tentunya menjadi universitas swasta terbaik di Jakarta dengan peringkat 30 nasional universitas terbaik di Indonesia versi Kemenristekdikti. Sampai saat ini, Universitas Atma Jaya telah memiliki 8 fakultas, dengan 21 program sarjana (S1), 7 program magister, dan 2 program doktor. Universitas Atma Jaya juga telah mendapat akreditasi institusi A dari BAN-PT. Ini membuktikan bahwa Universitas Atma Jaya merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia.
Cek Program Pendidikan di website resmi: https://www.atmajaya.ac.id/
Cek Info Pendaftaran: https://www.atmajaya.ac.id/web/DaftarKonten.aspx?gid=info-pmb

3. Universitas Telkom (Telkom University)

Sesuai namanya, Telkom University memiliki fokus dalam pengembangan dunia ICT (Information and Coummunication Technology). Telkom University berlokasi di Bandung yang tentunya menjadikan universitas swasta terbaik di Bandung dengan peringkat 33 nasional universitas terbaik di Indonesia versi Kemenristekdikti. Sampai saat ini, Universitas Telkom telah memiliki 7 fakultas, dengan total 31 program sarjana (S1), Diploma II (DIII), dan Magister (S2). Universitas Telkom juga telah mendapat akreditasi institusi A dari BAN-PT. Ini membuktikan bahwa Universitas Telkom merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia.
Cek Program Pendidikan di website resmi: https://telkomuniversity.ac.id/
Cek Info Pendaftaran: https://smb.telkomuniversity.ac.id/

4. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Universitas Atma Jaya Yogyakarta awalnya merupakan bagian/cabang dari Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta yang mulai tahun 1973 sudah berdiri sendiri. Saat ini, Universitas Atma Jaya Yogyakarta telah memiliki 6 fakultas, dengan 11 prodi S1, dan 5 prodi S2, serta 4 prodi S1 kelas internasional. Semua program studi S-1 dan S-2 di Universitas Atma Jaya Yogyakarta telah terakreditasi dan bisa di cek langsung melalui situs BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Dengan menduduki peringkat 34 nasional, Universitas Atma Jaya Yogyakarta menjadi salah satu universitas terbaik di Indonesia.
Cek Program Pendidikan di website resmi: http://www.uajy.ac.id/pmb/
Cek Info Pendaftaran: http://www.uajy.ac.id/

5. Universitas Katolik Parahyangan

Universitas Katolik Parahyangan yang biasa disebut sebagai UNPAR berlokasi di kota Bandung Jawa Barat. Universitas ini telah memiliki 7 fakultas, dengan 16 prodi S1, dan 10 prodi S2, serta 4 prodi S3. Universitas Parahyangan telah mendapatkan akreditasi institusi A dari BAN-PT. Dengan menduduki peringkat 35 nasional, Universitas Katolik Parahyangan menjadi salah satu universitas terbaik di Indonesia.
Cek Program Pendidikan di website resmi: http://unpar.ac.id/
Cek Info Pendaftaran: https://pmb.unpar.ac.id/

6. Universitas Muhammadiyah Malang

Universitas Muhammadiyah Malang berada di bawah Persyarikatan Muhammadiyah. Kampus yang berada di Kota Malang ini menjadi universitas swasta terbaik di kota Malang berdasarkan ranking universitas Kemenristekdikti. Universitas ini telah memiliki 10 fakultas, dengan 3 prodi DIII, 38 prodi S1, 11 prodi S2, dan 3 prodi S3, serta 4 program profesi. Universitas Muhammadiyah Malang telah mendapatkan akreditasi institusi A dari BAN-PT. Dengan menduduki peringkat 36 nasional, Universitas Muhammadiyah Malang menjadi salah satu universitas terbaik di Indonesia.
Cek Program Pendidikan di website resmi: http://www.umm.ac.id/id/pages/fakultas-dan-jurusan-2.html
Cek Info Pendaftaran Universitas Muhammadiyah Malang: http://www.umm.ac.id/id/pages/penerimaan-mahasiswa.html

7. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Kampus di bawah Persyarikatan Muhammadiyah ini berada di Kota Surakarta dan menjadi universitas swasta terbaik di kota Surakarta berdasarkan ranking universitas Kemenristekdikti. Universitas ini telah memiliki 12 fakultas, dengan 8 prodi DIII, 35 prodi S1, 13 prodi S2, dan 2 prodi S3, serta 9 kelas internasional. Universitas Muhammadiyah Surakarta telah mendapatkan akreditasi institusi A dari BAN-PT. Dengan menduduki peringkat 38 nasional, Universitas Muhammadiyah Surakarta menjadi salah satu universitas terbaik di Indonesia.
Cek Program Pendidikan di website resmi: http://www.ums.ac.id/id/program-sarjana
Cek Info Pendaftaran Universitas Muhammadiyah Surakarta: http://www.ums.ac.id/id/seleksi-masuk-ums

8. Universitas Soegijapranata Semarang

Kampus Soegijapranata berada di Kota Semarang dan menjadi universitas swasta terbaik di kota Semarang berdasarkan ranking universitas Kemenristekdikti. Universitas ini telah memiliki 10 fakultas, dengan 1 prodi DIII, 24 prodi S1, 11 prodi S2, dan 1 prodi S3. Universitas Soegijapranata Semarang telah mendapatkan akreditasi institusi A dari BAN-PT. Dengan menduduki peringkat 39 nasional, Universitas Soegijapranata Semarang menjadi salah satu universitas terbaik di Indonesia.
Cek Program Pendidikan di website resmi: http://www.unika.ac.id/
Cek Info Pendaftaran: http://www.unika.ac.id/infopendaftaran/

9. Universitas Bina Nusantara

BINUS University berlokasi di 3 kota besar Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, dan Malang, dengan BINUS Jakarta yang terbesar. Universitas Bina Nusantara telah mendapatkan akreditasi institusi A dari BAN-PT. Dengan menduduki peringkat 40 nasional, Universitas BINUS menjadi salah satu universitas terbaik di Indonesia.
Cek Program Pendidikan di website resmi: http://binus.ac.id/program/
Cek Info Pendaftaran: Admission di (http://binus.ac.id/program/)

10. Universitas Kristen Petra

Kampus Universitas Kristen Petra berada di Kota Surabaya dan menjadi universitas swasta terbaik di kota Surabaya berdasarkan ranking universitas Kemenristekdikti. Universitas ini telah memiliki 7 fakultas, dengan 28 prodi S1, 5 prodi S2, dan 1 prodi S3. Universitas Petra telah mendapatkan akreditasi institusi A dari BAN-PT. Dengan menduduki peringkat 41 nasional, Universitas Petra Surabaya menjadi salah satu universitas terbaik di Indonesia.
Cek Program Pendidikan di website resmi: http://www.petra.ac.id/
Cek Info Pendaftaran: http://pmk-online.petra.ac.id/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel