iklan banner

Pembahasan Soal SIMAK UI 2018 - Kemampuan IPA - Fisika – Pdf dan Video

Pembahasan Soal SIMAK UI 2018
Soal SIMAK UI tahun 2018 masih menerapkan sistem penilaian dengan benar dapat +4, kosong dapat 0, dan salah dapat -1. Model soalnya pun masih ada 3 jenis yaitu soal pilihan ganda dengan memilih 1 jawaban paling tepat, soal pernyatan sebab alasan, dan memilih pernyataan yang benar dari 4 pernyataan yang diberikan. Untuk soal SIMAK UI kemampuan IPA atau Saintek, ada 4 mata ujian yaitu matematika IPA, biologi, fisika, dan kimia. Nah, di artikel ini akan dibahas soal SIMAK UI Fisika tahun 2018 dengan 15 nomor. Sebelumnya akan dianalisis dulu topik materi fisika SMA apa saja yang muncul dalam soal SIMAK UI 2018 kemampuan IPA untuk mata ujian fisika. Pembahasan soal fisika SIMAK UI 2018 dapat dilihat di bagian bawah artikel sekaligus video pembahasannya.

Analisis topik materi Fisika SMA dalam soal SIMAK UI 2018 :

Nomor 31. Soal tentang dinamika rotasi dalam sistem katrol, yang menuntut kemampuan analisis momen gaya dalam gerak rotasi dan analisis gaya dalam gerak translasi. Selain itu perlu hafalan persamaan momen inersia cincin homogen ya. Nah, yang ditanya juga asyikk, yaitu energi katrol setelah bergerak.
Nomor 32. Soal tentang listrik dinamis dengan rangkaian campuran 3 resistor. Yakk,ini soal yang simpel dan seharusnya dengan mudah dapat dikerjakan. Cukup mencari tegangan dari sebuah resistor dalam rangkaian.
Nomor 33. Soal HOTS fisika yang butuh pamahaman konseptual. Ada kombinasi konsep GGL induksi, energi kinetik, dan kalor. Tetapi jangan khawatir, kalau model soal seperti ini sebenarnya tidak menghabiskan waktu dan cukup singkat pengerjaannya.
Nomor 34. Soal cermin cekung yang relatif mudah, karena cukup menggunakan persamaan fokus cermin, jarak benda, dan jarak bayangan benda untuk menentukan jari-jari kelengkungan.
Nomor 35. Soal pemuaian akibat perubahan suhu benda. Nah, uniknya yang memuai adalah alat ukurnya, dan diminta menentukan paanjang sebenarnya dari benda akibat pemuaian alat ukur.
Nomor 36. Berkaitan dengan unsur radioaktif dan diminta menentukan aktivitas radioaktif berdasarkan data waktu paruh, nomor massa atom, dan bilangan avogadro.
Nomor 37. Soal getaran pegas yang dikombinasikan dengan konsep kekekalan energi mekanik.
Nomor 38. Soal ini berkaitan dengga persamaan gelombang stasioner untuk ujung terikat. Nahh yang ditanyakan adalah amplitudo gelombang stasioner pada suatu titik.
Nomor 39. Soal persamaan Bernoulli pada sayap pesawat terbang. Berdasarkan persamaan itu bisa ditentukaan perbedaan tekanan bagian bawah dan atas sayap sehingga bisa dihitung gaya angkat pesawatnya.
Nomor 40. Pernyataan tentang konsep gaya normal pada bidang datar, tentunya berkaitan hukum III Newton tentang gaya aksi reaksi.
Nomor 41. Pernyataan konsep arus dan tegangan rata-rata pada alternating curret atau arus bolak-balik.
Nomor 42. Pernyataan tentang pecahnya gelas akibat pemuaian karena di tuangkan air panas.
Nomor 43. Ada 4 pernyataan tentang konsep energi mekanik, yaitu energi potensial, energi kinetik, dan daya.
Nomor 44. Ada 4 pernyataan tentang rangkian kapasitor, dan tenang saja ini simpel kok.
Nomor 45. Ada 4 pernyataan tentang bayangan pada pemantulan cermin cekung. Teman-teman pasti bisa ini.

Pembahasan Soal SIMAK UI 2018

Download Soal SIMAK UI 2018 – Kemampuan IPA

Video Pembahasan Soal SIMAK UI 2018 - Fisika

 

File Pembahasan Soal SIMAK UI 2018 - Fisika



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel