iklan banner

Soal Rangkaian Kapasitor, Kapasitor Keping Sejajar - Soal UTBK 2019 - TKA Fisika

soal utbk 2019, soal utbk fisika
Soal tentang rangkaian kapasitor dan pelat sejajar di bawah ini adalah soal UTBK Fisika 2019. Model soal UTBK 2019 ini merupakan kategori model soal HOTS Fisika. Untuk mengerjakan soal HOTS seperti ini, siswa harus melewati beberapa langkah analisis dari data yang diketahui. Soal nomor 1, 2, dan 5 merupakan soal rangkaian kapasitor seri paralel. Soal tersebut menghubungkan konsep kapasitansi kapasitor, muatan yang tersimpan, dan energi pada kapasitor. Soal nomor 3 berhubungan dengan medan listrik pada kapasitor dan kapasitansi kapasitor. Soal nomor 4 berkaitan dengan potensial pada kapasitor.

Nahh sahabat lakonfisika, untuk lebih jelasnya ayo kita simak soal di bawah ini. Pembahasan Soal Rangkaian Kapasitor, Kapasitor Keping Sejajar pada Soal UTBK 2019 untuk TKA Fisika dapat dilihat di bagian bawah dalam bentuk video maupun file pdf.
(Note: jika ada hasil kerjaan soal kurang teliti atau kurang tepat, silakan boleh diingatkan lewat komentar di bawah yaa..)


Berikut ini model Soal Rangkaian Kapasitor, Kapasitor Keping Sejajar pada Soal UTBK 2019 untuk TKA Fisika :


1. Dua kapasitor identik dirangkai secara seri. Tiap kapasitor memiliki kapasitansi C. Berapa muatan keseluruhan yang harus disimpan pada rangkaian kapasitor itu agar energi listrik yang tersimpan pada rangkaian itu sebesar W?
A. √(CW)
B. √(2CW)
C. 2√(CW)
D. 2√(2CW)
E. 4√(CW)

2. Dua kapasitor identik dirangkai secara paralel. Agar energi listrik yang tersimpan dalam rangkaian kapasitor itu sebesar W, muatan keseluruhan yang harus disimpan pada tiap kapasitor adalah Q. Berapakah kapasitansi tiap kapasitor itu?
A. Q^2/(8W)
B. Q^2/(4W)
C. Q^2/(2W)
D. Q^2/(W)
E. (2Q^2)/(3W)

3. Pada sebuah kapasitor keping sejajar diberi muatan sebesar Q. Kedua keping kapasitor itu terpisah sejauh d. Jika kuat medan listrik di dalam kapasitor itu adalah E, maka kapasitas kapasitor itu adalah...
A. C = (Q.d)/E
B. C = Q/(E.d)
C. C = (Q.E)/d
D. C = (E.d)/Q
E. C = E/(Q.d)

soal kapasitor, soal kapasitor keping sejajar, soal utbk fisika

4. Kedua keping kapasitor pelat sejajar terpisah pada jarak 40 mm, seperti pada gambar di atas. Potensial listrik pada salah satu keping 10 V dan pada keping lainnya 2 V. Potensial listrik pada titik P adalah...
A. 4 V
B. 5 V
C. 6 V
D. 7 V
E. 8 V

5. Dua kapasitor keping sejajar identik dirangkai secara paralel. Jarak antara dua keping konduktor dalam setiap kapasitor itu adalah d. Muatan keseluruhan yang harus disimpan dalam rangkaian kapasitor itu agar kuat medan listrik antara kedua keping kapasitor itu sebesar E adalah Q. Berapakah kapasitansi setiap kapasitor?
A. Q/(2E.d)
B. Q/(E.d)
C. 2Q/(E.d)
D. 2Q/(3E.d)
E. 3Q/(2E.d)


Pembahasan Soal HOTS Fisika - UTBK 2019


Seluruh Video Pembahasan Soal UTBK Fisika 2019





Pembahasan Soal UTBK 2019 – Fisika - Soal Rangkaian Kapasitor, Kapasitor Keping Sejajar



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel