iklan banner

Contoh Soal Impuls dan Momentum - UN Fisika SMA - Pdf dan Video



Soal-soal fisika di bawah ini merupakan soal tentang Impuls dan Momentum yang muncul dalam Ujian Nasional (UN) Fisika dalam beberapa tahun. Pembahasan soal fisika UN tersebut di tampilkan di bagian bawah soal dalam video pembahasan fisika.

1. Soal tentang Perubahan Momentum

Bola bermassa 0,5 kg mula-mula bergerak dengan kecepatan 2 m/s pada permainan bola kasti. Selanjutnya bola dipukul dengan gaya sebesar F dengan arah berlawanan gerak bola, sehingga kecepatan bola menjadi 6 m/s. Jika bola bersentuhan dengan pemukul selama 0,01 sekon, maka besar perubahan momentumnya adalah ….
a. 8 kg m/s
b. 6 kg m/s
c. 5 kg m/s
d. 4 kg m/s
e. 2 kg m/s

2. Soal tentang Impuls

Peluru karet berbentuk menyerupai bola dengan massa sebesar 60 gram ditembakkan horizontal menuju tembok seperti gambar. Apabila peluru dipantulkan oleh tembok dengan laju yang sama, maka impuls yang diterima peluru sebesar …
a. 12 N.s
b. 6 N.s
c. 5 N.s
d. 3 N.s
e. 2 N.s

3. Soal tentang Kecepatan Gerak

Sebutir peluru 20 gram bergerak dengan kecepatan 10 m/s arah mendatar menumbuk balok bermassa 60 gram yang sedang diam di atas lantai. Jika peluru bersarang di dalam balok, maka besar kecepatan balok sekarang adalah ….
a. 1,0 m/s
b. 1,5 m/s
c. 2,0 m/s
d. 2,5 m/s
e. 3,0 m/s

4. Soal tentang Tumbukan dan Kekekalan Momentum

Benda A memiliki massa 120 gram bergerak ke kanan dengan kecepatan 20 m/s, kemudian  menumbuk bola B yang bermassa 80 gram alam posisi diam. Selanjutnya terjadi tumbukan tidak lenting sama sekali. Kecepatan masing-masing benda setelah bertumbukan adalah ….
a. 40 m/s
b. 20 m/s
c. 12 m/s
d. 11 m/s
e. 6 m/s

5. Soal tentang Tumbukan dan Kekekalan Momentum

Dua buah benda yang memiliki massa sama, bergerak pada satu garis lurus saling mendekati seperti pada gambar! Jika v₂’ adalah kecepatan benda (2) setelah tumbukan ke kanan dengan laju 5 m/s, maka besar kecepatan v₁’ (1) setelah tumbukan adalah ….
a. 7 m/s
b. 9 m/s
c. 13 m/s
d. 15 m/s
e. 17 m/s

6. Soal tentang Tumbukan dan Kekekalan Momentum

Dua benda A (3 kg) dan B (5 kg) bergerak searah dengan kecepatan masing-masing 8 m/s dan m/s. Jika benda A menumbuk B secara lenting sempurna, maka kecepatan masing-masing benda sesudah tumbukan adalah …
a. 3 m/s  dan 7 m/s
b. 6 m/s dan 10 m/s
c. 4,25 m/s dan 10 m/s
d. 5,5 m/s dan 5,5 m/s
e. 8 m/s dan 4 m/s

Video Pembahasan Impuls, Momentum, Tumbukan:




© lakonfisika.net

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel