iklan banner

Contoh Soal Gaya Pegas - UN Fisika SMA - Pdf dan Video



Soal-soal fisika di bawah ini merupakan soal tentang Gaya Pegas, Hukum Hooke, dan Energi Potensial Pegas yang muncul dalam Ujian Nasional (UN) Fisika dalam beberapa tahun. Soal fisika di bawah ini berkaitan dengan pertambahan panjang pegas, grafik gaya pegas terhadap pertambahan panjang, energi potensial pegas, dan konstanta pegas. Pembahasan soal fisika UN tersebut di tampilkan di bagian bawah soal dalam video pembahasan fisika.

1. Soal tentang Pertambahan Panjang


Jika suatu pegas diberi gaya 30 N, maka akan bertambah panjang 10 cm. Jika pegas diberi gaya 21 N, maka besar pertambahan panjangnya adalah ….
a. 2 cm
b. 3 cm
c. 5 cm
d. 6 cm
e. 7 cm

2. Soal tentang Energi Potensial Pegas

Grafik antara F dan x menunjukkan hubungan antara gaya dan pertambahan panjang pegas. Berdasarkan grafik di samping, besar energi potensial pegas adalah ….
a. 20 joule
b. 16 joule
c. 3,2 joule
d. 1,6 joule
e. 1,2 joule

3. Soal tentang Konstanta Pegas

Diperoleh data hasil suatu praktikum untuk menentukan konstanta pegas pada tabel di samping.
F dan ΔL masing-masing adalah gaya dan pertambahan panjang pegas. Pegas yang digunakan praktikum memiki nilai konstanta sebesar ….
a. 50 N/m
b. 200 N/m
c. 300 N/m
d. 400 N/m
e. 500 N/m

4. Soal tentang Konstanta Pegas

Pada percobaan yang dilakukan dengan menggantungkan pegas didapatkan data sebagai berikut :
F merupakan gaya pembebanan pada pegas, sedangkan Δx merupakan pertambahan panjang pegas. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan pegas memiliki konstanta sebesar ….
a. 800 N/m
b. 80 N/m
c. 8 N/m
d. 0,8 N/m
e. 0,08 N/m

5. Soal tentang Konstanta Pegas

Tiga buah pegas identik masing-masing adalah A, B dan C dirangkai seperti pada gambar di samping! Jika beban sebesar 1,2 N digantungkan pada ujung bebas pegas C, maka sistem pegas bertambah sebesar panjang 0,6 cm. Berdasarkan fenomena tersebut, besar konstanta masing-masing pegas adalah ….
a. 200 N/m
b. 240 N/m
c. 300 N/m
d. 360 N/m
e. 400 N/m

6. Soal tentang Berat Beban

Terdapat empat pegas identik masing-masing mempunyai tetapan elastisitas sebesar 1600 N/m, disusun secara seri-paralel (lihat gambar di samping). Beban W yang digantung mengakibatkan sistem pegas bertambah panjang secara keseluruhan sebesar 5 cm. Berat beban W yang digunakan adalah sebesar….
a. 60 N
b. 120 N
c. 300 N
d. 450 N
e. 600 N

Video Pembahasan Fisika - Gaya Pegas / Hooke, Energi Potensial:




© lakonfisika.net

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel