iklan banner

Full Pembahasan Soal UN FISIKA SMA 2018 – Pdf dan Video



Pembahasan soal UN Fisika 2018 ini dilengkapi file Pdf dan video pembahasan. Silakan dipelajari bersama dibagian bawah tulisan ini. Pembahasan soal tahun sebelumnya juga dapat diakses dengan masuk ke halaman KUMPULAN SOAL DAN PEMBAHASAN UN FISIKA SMA. Hasil analisis tim lakonfisika.net, soal UN fisika tahun 2018 terdiri dari beberapa topik bahasan yang merupakan kompilasi dari materi fisika SMA mulai kelas X, XI, dan XII. Berikut ini topik bahasan yang muncul dalam soal UN Fisika SMA tahun 2018.


  1. Besaran dan Pengukuran, yang secara spesifik muncul tentang aturan angka penting. Pada subtopik angka penting, terdapat aturan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Untuk soal ini muncul tentang perkalian angka penting dari hasil pembacaan mikrometer untuk menentukan volume (Nomor 1).
  2. Vektor, muncul dengan dikombinasi konsep perpindahan pada nomor 2. Untuk dapat mengerjakan soal ini, temen-temen siswa harus memahami prinsip tentang perpindahan yang merupakan perubahan posisi awal dan akhir. Tentunya ditambah dengan konsep matematika tenang aturan phytagoras.
  3. Kinematika gerak, terdiri dari subtopik gerak lurus beraturan (GLB), gerak melingkar beraturan, dan gerak parabola. GLB muncul pada nomor 3 dengan modifikasi soal mobil yang menyusul dengan posisi tertinggal. Gerak melingkar muncul pada nomor 4 dengan hubungan roda khususnya yang saling bersinggungan (bagaimana kalau roda-roda yang sepusat dan dihubungkan seperti sepeda?). Gerak parabola muncul pada nomor 5 tentang pesawat menjatuhkan bom dengan target di tanah.
  4. Dinamika gerak, muncul pada nomor 6 tentang gaya gesek statis, nomor 8 tentang resultan momen gaya/torsi yang dihubungkan konsep pusat massa, nomor 9 tentang gerak menggelinding dimana mempunyai energi kinetik translasi dan rotasi, nomor 10 tentang kesetimbangan partikel.
  5. Pusat Massa muncul secara spesifik pada nomor 11 tentang teknik menentukan pusat massa untuk benda yang tidak beraturan bentuknya.
  6. Kalor muncul pada soal nomor 20 tentang hubungan kalor jenis dan kenaikan suhu, nomor 21 tentang konsep kesetimbangan termal - azas black, nomor 22 tentang hubungan konduktivitas termal dengan panjang bahan dalam persamaan konduksi termal, nomor 23 tentang suhu sambungan yang dipengaruhi oleh konduktivitas logam.
  7. Gas Ideal - Termodinamika muncul pada soal nomor 12 tentang konsep dasar massa jenis zat, nomor 24 tentang persamaan keadaan gas ideal, nomor 25 tentang hubungan kecepatan gerak partikel dan suhu dalam persamaan energi kinetik gas ideal.
  8. Gravitasi muncul hanya satu soal pada nomor 7 tentang perbandingan percepatan gravitasi dua planet (hubungan massa planet dan jari-jari planet).
  9. Fluida Statis juga muncul hanya satu soal pada nomor 13 penerapan hukum archimedes pada benda yang tenggelam dalam air.
  10. Usaha dan Energi muncul pada nomor 14 tentang perubahan energi potensial gravitasi menjadi energi listrik pada pembangkit listrik menggunakan turbin), nomor 15 tentang usaha akibat gaya dan perpindahan, nomor 16 tentang hukum kekekalan energi mekanik pada benda yang meluncur di bidang miring, nomor 17 tentang konsep perubahan energi potensial pegas menjadi energi kinetik.
  11. Momentum  linier muncul pada nomor 18  dan 19 tentang tumbukan lenting sempurna.
  12. Getaran dan Gelombang muncul pada soal nomor 26 tentang konsep panjang gelombang dan beda fase yang disajikan dengan grafik gelombang, nomor 31 tentang persamaan periode getaran pada pegas dan hubungannya dengan konstanta pegas.
  13. Gelombang Bunyi muncul pada soal nomor 27 tentang frekuensi bunyi pipa organa terbuka dan tertutup, nomor 28 tentang taraf intensitas bunyi pada suatu tempat.
  14. Gelombang Cahaya dan Optika muncul pada soal nomor 29 tentang pola gelap terang pada kisi difraksi, nomor 30 merupakan pembentukan bayangan pada mikroskop.
  15. Listrik Magnet muncul pada soal nomor 32 tentang resultan medan listrik dengan sudut tertentu, nomor 33 tentang Hukum Kirchoff II yang dikombinasi rangkaian paralel, nomor 34 tentang gaya Lorezt pada muatan bergerak di wilayah medan magnet, nomor 35 tentang GGL Induksi akibat perubahan fluks magnet, nomor 36 tentang transformator, nomor 37 tentang rangkaian listrik paralel pada lampu, nomor 38 tentang persamaan GGL induksi dari generator listrik.
  16. Fisika Inti dan Radioaktivitas muncul pada nomor 39 tentang energi ikat inti atom, dan nomor 40 tentang waktu paruh pada aktivitas zat radioaktif.

Selamat Belajar…!!! Selamat berjuang dengan baik untuk mengupayakan kebaikan.

Video Pembahasan UN 2018 - Soal Fisika SMA

Pembahasan UN 2018 - Soal Fisika SMA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel