iklan banner

Soal Kesetimbangan Benda Tegar (Torsi) - Soal UTBK 2019 - TKA Fisika

soal utbk 2019, soal utbk fisika
Model soal tentang kesetimbagan benda tegar pada soal UTBK 2019 cenderung monoton. Modifikasi dari model soal UTBK yang berhubungan dengan konsep torsi atau momen gaya ini, hanya terletak pada batang yang bersentuhan dengan tembok dipengaruhi gaya gesek (soal nomor 1). Biasanya batang tersebut menempel di tembok dan berlaku sebagai poros rotasi (soal nomor 2). Dengan modifikasi seperti soal UTBK Fisika yang nomor 1, maka soal ini sudah masuk karakteristik soal HOTS karena untuk mengerjakannya diperlukan analisis beberapa konsep. Pemahaman konsep yang dibutuhkan adalah tentang sifat dan timbulnya gaya gesek, dan menentukan poros rotasi. Sehingga untuk mengerjakan model soal nomor 1 diperlukan analisis kesetimbangan translasi dan kesetimbangan rotasi. Selanjutnya untuk nomor 3, diperlukan analisis menentukan gaya berat air yang dipompa dan pengaruhnya pada kesetimbangan sistem.


Nahh sahabat lakonfisika, sekarang ayo disimak soalnya di bawah ini. Pembahasan soal Kesetimbangan Benda Tegar (Torsi) pada Soal UTBK 2019 untuk TKA Fisika dapat dilihat di bagian bawah dalam bentuk video maupun file pdf.
(Note: jika ada hasil kerjaan soal kurang teliti atau kurang tepat, silakan boleh diingatkan lewat komentar di bawah yaa..)

Berikut ini model soal Kesetimbangan Benda Tegar (Torsi) pada Soal UTBK 2019 untuk TKA Fisika :

soal utbk fisika, kesetimbangan benda tegar

1. Sebuah batang dengan panjang L = 4 m dan massa M = 20 kg digantung menggunakan tali pada titik tengahnya sehingga tali membentuk sudut θ = 60o terhadap bidang datar. Ujung kiri batang berada pada dinding vertikal yang kasar dengan koefisien gesek statis μ = 1/5 √3. Pada jarak x dari dinding, sebuah beban bermassa m = 10 kg digantungkan pada batang (lihat gambar). Nilai x agar ujung kiri batang tepat akan tergeser ke atas adalah...
A. 3,7 m
B. 3,5 m
C. 3,2 m
D. 3,0 m
E. 3,4 m

soal utbk fisika, soal kesetimbangan batang

2. Pada Gambar di bawah ini, terdapat batang homogen sepanjang 3 m dengan berat 200 N. Di atasnya, diletakkan sebuah kotak dengan berat 300 N. Sudut yang dibentuk ujung batang dengan tali pengikat adalah 30o. Tali sanggup menahan tegangan maksimum sebesar 500 N. Berapakah posisi x terjauh sebelum tali putus?

soal utbk fisika, soal kesetimbangan benda tegar

3. Sebuah pompa air dengan luas penampang pipa sebesar 75 cm2 ingin digunakan untuk memompa air dari kedalaman 8m (lihat gambar). Asumsi nilai percepatan gravitasi adalah 10 m/s2. Jika pada saat memompa timbul gaya gesekan pada pengisap sebesar 20 N sedangkan gesekan-gesekan lainnya diabaikan, maka gaya minimum untuk memompa adalah...

Pembahasan Soal HOTS Fisika - UTBK 2019


Seluruh Video Pembahasan Soal UTBK Fisika 2019




Pembahasan Soal UTBK 2019 – Fisika - Soal Kesetimbangan Benda Tegar (Torsi)




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel