iklan banner

Contoh Soal Hukum Newton - UN Fisika SMA - Pdf dan Video



Soal-soal fisika di bawah ini merupakan soal tentang Hukum Newton yang muncul dalam Ujian Nasional (UN) Fisika dalam beberapa tahun. Soal fisika di bawah ini berkaitan dengan Resultan Gaya pada Hukum Newton, Gaya dan Gerak pada Bidang Miring, Sistem Katrol, Sistem Tali, Percepatan dan Tegangan Tali. Pembahasan soal fisika UN tersebut di tampilkan di bagian bawah soal dalam video pembahasan fisika.

1. Soal tentang Resultan Gaya Hukum Newton

Sebuah benda diam ditarik oleh tiga gaya seperti gambar. Berdasarkan gambar di bawah diketahui :
(1). Percepatan benda nol
(2). Bernda bergerak lurus beraturan
(3). benda dalam keadaan diam
(4). Benda akan bergerak jika berat benda lebih kecil dari gaya tariknya.
Pernyataan yang benar adalah ….

2. Soal tentang Resultan Gaya Hukum Newton

Jika balok pada gambar di samping memiliki massa 4 kg, dan antara balok dengan permukaan lantai tidak ada gesekan, maka balok tersebut dalam keadaaan….
a. diam (tidak bergerak)
b. bergerak lurus berubah beraturan arah kanan
c. bergerak lurus berubah beraturan arah ke kiri
d. bergerak lurus beraturan arah ke kanan
e. bergerak lurus beraturan arah ke kiri

3. Soal tentang Gaya dan Gerak pada Bidang Miring

Sebuah benda kubus dengan massa 5 kg dilepas pada bidang miring licin seperti pada gambar! (g = 10 m/s² dan tg 37ยบ = ¾).
Percepatan gerak meluncur kubus adalah ….
a. 4,5 m/s²
b. 6,0 m/s²
c. 7,5 m/s²
d. 8,0 m/s²
e. 10,0 m/s²

4. Soal tentang Gaya dan Gerak pada Bidang Miring

Benda berbentuk balok dengan massa 4 kg terletak pada bidang miring seperti yang diilustrasikan pada gambar di samping ini. Apabila nilai koefisien gesek antara balok dan permukaan bidang miring sebesar 1/5√3 dan konstanta g = 10 m/s², maka percepatan benda adalah sebesar …

5. Soal tentang Sistem Katrol

Balok A yang massanya 5 kg, diletakkan pada bidang datar yang licin, balok B yang massanya 3 kg digantung dengan tali, dan dihubungkan dengan balok A melalui sebuah katrol, jika g = 10 m/s² tentukan percepatan balok tersebut!

6. Soal tentang Gaya Gesek

Perhatikan gambar di samping! Nilai koefisien gesek kinetik antara permukaan meja dan balok A sebesar 0,1 serta besar percepatan gravitasi 10 m/s². Agar sistem bergerak ke kiri dengan percepatan 2 m/s², besar gaya yang harus diberikan pada balok A adalah sebesar ….


7. Soal tentang Percepatan Sistem Katrol

Perhatikan ilustrasi sistem katrol pada gambar di samping! Massa balok A dan balok B masing-masing adalah sebesar 2 kg dan 3 kg (besar konstanta g=10 m/s²). Percepatan pada sistem adalah....
A. 1 m/s²
B. 2 m/s²
C. 3 m/s²
D. 4 m/s²
E. 5 m/s²

8. Soal tentang Tegangan Tali Sistem

Dua benda masing-masing memiliki massa 2 kg dan 3 kg. Kedua balok diikat dengan tali kemudian ditautkan pada katrol yang massanya diabaikan seperti gambar di samping. Bila besar percepatan gravitasi = 10 m/s², gaya tegangan tali yang dialami sistem adalah ….
a. 20 N
b. 24 N
c. 27 N
d. 30 N
e. 50 N

9. Soal tentang Percepatan Sistem

Sebuah system benda yang terdiri dari balok A dan B saling terhubung seperti gambar. Jika lantai memiliki permukaan yang licin, maka besar percepatan system adalah ….
a. 6 m/s²
b. 5 m/s²
c. 4 m/s²
d. 2 m/s²
e. 1 m/s²


10. Soal tentang Tegangan Tali

Dua benda mmasing-masing massanya m₁ = 2 kg dan m₂ = 3 kg terletak di atas bidang datar yang licin. Kedua benda yang berbentuk balok tersebut dihubungkan dengan tali dan ditarik dengan gaya F sebesar 10√3 N seperti pada gambar di bawah. Besar tegangan tali T yang terjadi di antara kedua benda adalah ….
a. 4√3 N 
b. 6 N 
c. 3√3 N
d. 2√3 N
e. 3 N



Video Pembahasan Fisika - Hukum Newton:



© lakonfisika.net

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel