iklan banner

Contoh Soal Energi Mekanik - UN Fisika SMA - Pdf dan Video



Soal-soal fisika di bawah ini merupakan soal tentang Hukum Kekekalan Energi Mekanik yang muncul dalam Ujian Nasional (UN) Fisika dalam beberapa tahun. Soal fisika di bawah ini berkaitan dengan hubungan Energi Kinetik dan ketinggian benda, hubungan kecepatan dan ketinggian benda, hubungan Energi Potensial dan Energi Kinetik, serta perbandingan energi pada dua posisi benda. Pembahasan soal fisika UN tersebut di tampilkan di bagian bawah soal dalam video pembahasan fisika.

1. Soal tentang Energi Kinetik dan Ketinggian 

Sebuah benda yang memiliki massa sebesar 1 kg, dilemparkan ke atas dengan kecepatan awal sebesar 40 m/s. Jika besar konstanta gravitasi sebesar 10 m/s², maka besarnya energi kinetik saat posisi ketinggian benda mencapai 20 meter adalah ….
a. 300 joule
b. 400 joule
c. 500 joule
d. 600 joule
e. 700 joule

2. Soal tentang Kecepatan dan Ketinggian

Perhatikan gambar di samping! Sebuah benda jatuh bebas dari ketinggian 20 m. Jika percepatan gravitasi bumi 10 m/s², kecepatan benda pada saat berada 15 m di atas tanah adalah ….

a. 2 m/s
b. 5 m/s
c. 10 m/s
d. 15 m/s
e. 20 m/s


3. Soal tentang Energi Potensial dan Kinetik

Dari puncak bidang miring yang licin dilepaskan sebuah balok yang bermassa m kg. Saat berada di titik M, besar perbandingan energi potensial dan energi kinetik balok adalah ….

a. Ep : Ek = 1 : 3
b. Ep : Ek = 1 : 2
c. Ep : Ek = 2 : 1
d. Ep : Ek = 2 : 3
e. Ep : Ek = 3 : 2

4. Soal tentang Perbandingan Energi

Gambar di bawah menunjukkan sebuah benda yang jatuh dari posisi A. Berdasarkan gambar tersebut nilai perbandingan energi potensial dan energi kinetik benda ketika sampai di B adalah ….

a. 3 : 2
b. 3 : 1
c. 2 : 1
d. 2 : 3
e. 1 : 3

5. Soal tentang Perbandingan Kecepatan

Bola A yang memiliki massa sebesar 1 kg dilepaskan dan menempuh lintasan yang berbentuk seperti gambar! (nilai g = 10 m/s²). Jika lintasan AB memiliki bentuk seperempat lingkaran dan permukaannya licin serta memiliki jejari 125 cm, maka perbandingan kecepatan di titik B dan C adalah ….

a. √2 : 1
b. 1 : √2
c. √5 : 1
d. 1 : √5
e. 1 : 5

6. Soal tentang Kecepatan

Sebuah partikel yang memiliki massa sebesar 0,5 kg digantung pada seutas benang (massa benang di abaikan), kemudian diayunkan hingga posisi ketinggiannya 20 cm dari posisi awal (lihat gambar). Jika besar konstanta g=10 m/s², maka kecepatan benda saat melewati titik A adalah ….

a. 4 m/s
b. 0,4 m/s
c. 0,2 m/s
d. 0,04 m/s
e. 0,02 m/s

Video Pembahasan Fisika - Hukum Kekekalan Energi Mekanik:




© lakonfisika.net

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel